Tanya Jawab Puasa


1.  Bagaimana Hukumnya Berpuasa Namun Meninggalkan Sholat..???

Jawab : Ada 2 Kondisi Hukum
1.       Jika Seseorang itu Meninggalkan Sholat Karena Mengingkari Kewajiban Sholat, maka di Hukumi Murtad dan Otomatis Batallah Puasanya.
2.       Jika Seseorang Itu Meninggalkan Sholat Karena Malas, Lalai atau Laiannya, Maka Puasanya Sah, Namun Wajib Mengqada’ Shplat yang di tinggalkan. Karena Sholat adalah satu-satunya Rukun Islam yang tidak boleh di tinggalkan dalam keadaan apapun. Jika tidak bisa berdiri, duduklah, Jika tidak bisa Sholat duduk, berbaringlah, jika tidak bisa berbaring, Sholatlah dengan Isyarat Mata dan Terkahir Sholat dengan Hati yang dimana Tatacaranya sudah diatur dalam Fiqih.
Adapun dalam situasi uzur atau darurat, seseorang hanya diberi keringanan untuk membatalkan shalat atau menunda pelaksanaan shalat dari waktu yang seharusnya (Qadha’). 



Bagaiman Hukum Berpuasa Bagi pekerja Berat Seperti di Tambang atau Galangan ...??

Jawab   : Bagi Para Pekerja Tetap Wajib Berniat Untuk Berpuasa di Malam Hari, Namun Jika mengalamai Kondisi Berat Misalnya Dehidrasi atau Hal lain yang mengancam Jiwanya, Maka dia Boleh berbuka dan Mengqada’ di Hari Lain. Pekerja tidak di Bolehkan membatalkan puasa apabila masih mampu mempertahankan Puasanya itu jauh lebih baik baginya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Idul Fitri 1441 H.